November 05, 2010

Perjalanan Menuju Kematian

"Katakanlah, sesungguhnya kematian yang kamu lari padanya, maka sesungguhnya kematian akan menemui kamu. Kemudian kamu akan dikembalikan kepada Allah, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Lalu dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."

Malaikat Izrail datang
Saatku telah tiba...
Berpisah dengan dunia
Tubuhku terbujur kaku
Tak ada satupun kata
Yang bisa terucap
Membisu...
Menanti saat pertanggungjawaban
Yang mengerikan

Tubuhku diusung oleh kerabatku
Diusung ke suatu tempat
Alam kubur...

Perlahan tubuhku dimasukkan ke liang lahat
Tubuhku pun mulai ditimbun tanah
Mereka yang mengiringi jenazahku
Satu persatu mulai pergi
Juga keluargaku yang kucintai

Kini... aku sendiri
Sunyi... sepi...
Hanya amal yang menemaniku
Dalam kesendiriran ini

Harta...
Anak... yang ditubuhnya mengalir darahku
Keluarga yang belum kubina dengan benar
Orang tua yang belum sempat kubalas jasanya

Tak ada yang bisa kuajak untuk menemaniku
Menyesal... sudah tak mungkin,
Tobat... tak lagi diterima
Dan maaf pun...
Tak mungkin terdengar
Aku sendiri yang harus mempertanggungjawabkan
Apa yang pernah kulakukan

Istriku menangis...
Sedih kehilangan suaminya
Istriku bingung menghadapi beban yang menghadang
Tanpa diriku
Istriku bingung menghadapi masalah yang kutinggalkan

Ya Allah...
Entah dari mana kekuatan itu datang
Setelah sekian lama aku tak lagi dekat denganMu

Jika kau beri aku satu kesempatan lagi
Jika kau pinjamkan lagi beberapa hari milikmu
Beberapa hari saja...

Aku akan berkeliling memohon maaf kepada mereka
Yang selama ini telah merasakan kedzalimanku
Yang selama ini sengsara karena ulahku
Yang tertindas dalam kuasaku
Yang selama ini telah aku sakiti hatinya
Yang selama ini telah aku bohongi

Aku harus kembalikan semua harta kotor ini
Yang kukumpulkan dengan gembira dan penuh semangat
Yang kukuras dari sumber yang tak jelas
Yang merupakan milik orang lain
Yang kumakan dengan penuh nikmat

Ya Allah...
Beri aku lagi beberapa hari milikMu
Untuk berbakti kepada ayah dan ibu tercinta
Maafkan aku...
Ibu dan ayah...
Mengapa tak kusadari betapa besar kasih sayangmu

Untuk berkumpul lagi dengan istri dan anakku
Karena aku sungguh ingin sujud di hadapanMu
Bersama mereka...

Untuk beramal shaleh dengan sungguh-sungguh dan tulus

Andai aku bisa putar ulang waktu ini

Aku dimakamkan hari ini...
Dan semuanya
Menjadi tak termaafkan...
Dan semuanya menjadi terlambat...
Dan aku harus sendiri...
Untuk mempertanggungjawabkan
Semua perbuatanku selama masih hidup
Yang baru berlalu

Saudaraku...
Masih ada sisa waktu
Untuk bertaubat kepada Allah :)

(sumber: Buku Mentoring Sekolah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think? Comment please! :3